Analisa ‘chaos’ adu trapik 2007 :p

Komentar calupict pada post-nya yang berjudul jawabannya ternyata membuat kang kombor yang accountnya di wordpress jadi di suspend oleh Matt jadi berang dan kehilangan kesabaran, (matt iku sopo? kalo dari kata2 dan post2 yang saya baca sih.. kayaknya si matt ini salah satu admin wordpress -CMIIW-) Account WordPress kang kombor ternyata di suspend olah matt karena pelaporan dari calupict (gitu yang saya tangkap), sedangkan saudari calupict melaporkan karena ada penyimpangan TOS (Term of Service) pada saat diadakannya lomba adu trafik oleh masterSEO (ini juga sapa sih? ). Nah.. apa yang terjadi kemudian ?

mari kita runtut dari awal..

Pada awalnya peristiwa-peristiwa aneh dan fenomena ghaib di dunia blog WordPress mulai bermunculan.., dari saat saya sedang duduk sambil menghisap pipa kayu saya, sedangkan watson sedang duduk di dekat jendela sambil membaca Jawa Pos dan browsing kemudian membaca post wadehel yang cukup kebingungan karena blog dan seluruh isinya termasuk theme blognya dicopy persisss..siss, oleh wadehello yang akhirnya di-suspend accountnya setelah dilaporkan oleh wadehel ke wordpress admin (si ma-matt).

beberapa saat dunia blog WordPress menjadi tenang dan damai, matahari kembali bersinar, burung-burung kibor kembali menggelitik di sudut-sudut dunia blog WordPress, namun….. hal ini ga bertahan cukup lama.. hanya beberapa jam.. kemudian, muncul lagi sang peniru wadehel dan peniru wadehel lagi. Wekz.. :p , pada beberapa postingan sipeniru wadehel menyebut-nyebut nama sebuah situs web semua beralih perhatian ke arah web komunitas tersebut adsense-id berikut salah satu cuplikan keterangan dari salah satu post peniru wadehel

[…]
Hadiah itu bukan tujuan kami dalam mengikuti kontes ini, uang segitu bisa kami dapatkan dari situs-situs kami yang lain yang kami sertakan dalam program penghasil uang di internet selagi kami tidur! [ngga cuma adsense! hey kamuh! ya kamu! kamu pikir cuma adsense aja penghasil uang di internet? hah? hah?]
[…]

memang ga disebutkan secara langsung, tapi dari penyelidikan penelusuran yang saya lakukan akhirnya menunjuk pada web adsense-id dan web masterseo yang menyelenggarakan kontes adu trapik di WordPress ini. berikut pengakuan dari pogung177 yang bersemayam di masterseo

Sudah lah Mas2…Mbak2,
Masalah penggunaan account di WP.com untuk kompetisi ini tolong dilupakan, yg sudah biarlah berlalu, ini juga kesalahan panitia yg kurang berpikir panjang akan dampak penggunaan account di WP.
Aturan2 pun sudah di robah, dansudah jelas..tidak menggunakan service blog gratisan.

@om priyadi + @ mbak calupict.
cukup 2 posting aja mengenai masalah ini, dan tidak usah membuat postingngan yg berbuntut panjang sesama blogger/webmaster Indonesia.

Terimaksasih
Pogung177
http://www.masterseo.web.id

okay.. bagi pihak-pihak yang ga berkepentingan dalam kontes tersebut mungkin bisa saja dilupakan, namun.. apakah hal itu berlaku bagi para martir korban kegiatan adu trafik ini? cukup disayangkan sebenernya.. niat baik yang berbuah petaka bagi beberapa blogger, kedamaian yang sebelumnya ada di dunia blog WordPress jadi carut marut, kacaw-balaw.

calupict yang menjadi pengadu pelapor dalam hal ini menjadi serba salah dalam bersikap, kang kombor yang sudah terlanjur di-asingkan suspended accountnya oleh si ma-matt menjadi uring-uringan dan gerah karena sikap dan jawaban dari calupict dan pendukungnya.. tampaknya perlu ada solusi dalam hal ini :

  1. Saling meminta maaf.. baik dari calupict dan kang kombor dan lain-lainnya
  2. Bikin surat ke si ma-matt agar di cancel suspendnya dengan alasan bla..bla..bla..
  3. Saling membenahi diri masing-masing
  4. Memahami TOS dari WordPress service
  5. Melaporkan saya ke si ma-matt karena saya sudah melanggar TOS (belum terlalu ngeh apa aja)
  6. Saling menghargai dan mengingatkan satu-sama lainnya
  7. Makan siang…
  8. Kasih comment di blog saya ini (yang ga koment masuk neraka..)

Mungkin sementara itu aja.. barangkali pak detektip Ryo bisa memberikan tambahan solusi bijak dengan analisanya yang lebih dahsyat yang menggunakan pikiran jernih dan pengetahuannya ? seperti pada contoh komentar beliau berikut ini?

[…]
kalau berpikir jernih, mestinya kasih tahu wadehel itu URL-nya mana. terus yang plagiat itu siapa dan di mana. ini kok kesannya anda menganggap nenda tahu posisi dan vektor setiap atom di dunia ini sehingga bisa mengambil tindakan atas pengetahuan ini.

Atau mas biho dengan level apresiasinya ? atawa dari Mr.Geddoe yang rajin ngelider kesana kemari dan tak sungkan-sungkan memberikan komentarnya pada blog-blog baru yang bermunculan ? ato..ato.. indy bisa menjelaskan dengan gamblang solusi lain yang sesuai dengan TOS karena dia dah baca dan memahami TOS tersebut ? atau….. mungkin sang seleb blog mau menuliskan sepatah..dua patah.. sampe krak ? :p

atau lagi.. semua setuju dengan solusi saya ? hihihi.. :p wah.. begitu banyak kemungkinan dalam sebuah analisa yang ga bermutu..

sesuai dengan salah satu solusi saya, mari makan siang.. 😀

Advertisements

31 thoughts on “Analisa ‘chaos’ adu trapik 2007 :p

  1. Kalau saya salah lapor, saya meminta maaf. Tapi seujurnya, yang saya laporkan itu pada hari sabtu ada 2 blog. Kalau banyak yang disuspend, yaa gimana admin atau user wordpress lainnya enggak curiga, url-nya aja seragam.

    Soal account-nya agar bisa kembali, itu tergantung apakah Kang Kombor mau atau tidak.

  2. hahahaha aku mah udah duluan hari pertama waktu di ping back wadehello, aku yg bilang ama wadehel asli via YM, trus kang kombor minta tolong umumin blog yg baru. Ga ada niat numpang trafik sih,aku ga perlu, mau posting lagi sibuk banget, tapi ada yg minta tolong ya udah…gara2 nolongin aja kok, makanya ga ada yg tak ping, selain guh abis dia udah nulis namaku yg buatin surat buat matt, gitu aja kok dik alasannya aku posting itu ada latar belakange… hehehe

  3. @calupict

    huehehehe.. iya.. laporin aja.. :p pokoknya yang ga sesuai sama TOS pantas dibanned

    @ryosaeba
    hmm.. ntar saya coba

    @mbu
    ah.. hanya coba-coba saja nulis, kalo salah ya dikoreksi.. :p

    @priyadi
    bener2 ahli sorga..

    @evy
    wah.. kalo gitu bu evy emang terkenal.. beda sama saya yang baru masih kecil ini.. masih perlu ping sana-sini untuk mengkoreksi diri saya ini.. :p

  4. Kang Kombor akan lihat apakah Abahapis masih suspended atau tidak. Kalau masih, Kang Kombor akan tetap memakai sepatu yang Kang Kombor pakai sekarang. Calupict kan bisa bantu kirim email ke Matt nerangin kalau Abahapis nggak ikutan kontes itu. Mungkin juga Abahapis sudah mengirim email sendiri tetapi akan melegakan Kang Kombor (bukan abahapis) kalau Calupict mau menceboki dulu sisa-sisa buang hajatnya.

    Kang Kombor yang ikutan ngadutrafik dikatakan bertindak dulu baru berpikir. Nah, calupict ini apakah berpikir dulu waktu mau bertindak? Dalam posisi ini semuanya kan tidak tahu. Apa Kang Kombor tidak berpikir dulu? Emangnya yang ngomong seperti itu cenayang apa? Atau langsung membuat penilaian (judgement)tanpa asumsi dulu? Kalau Kang Kombor kan penuh asumsi…

    Gitu aja deh. Mengenai yang nyepam ngadutrafik 2007 di tempat calupict itu Kang Kombor beneran atau bukan, nggak perlu dijawab pakai postingan blog karena blog Kang Kombor nggak bisa dikasi postingan apa-apa. Mau posting di arif.widarto.net males karena kalau yang bicara Arif, itu beda dengan Kang Kombor. Ya, itu Kang Kombor yang nyepam. Kang Kombor pingin orgasme dengan nyepam itu tetapi kok belum orgasme juga. So, lain kali Kang Kombor akan tetap onani di tempat calupict kalau dia tetap merasa innocent. Huru-hara yang terjadi ini tidak akan ada kalau tidak ada aksi polisionil si calupict. Bayangkan saja, di antara 800ribuan blog di WP.com kalau ada 50 – 100 blog baru yang pakai fix-fix-an (embuh sufix, infix apa calufix) ngadutrafik2007 apa yo Matt mudheng. Apa fix-fixan itu ngganggu shared bandwidth WP.com? Lah… apa bedanya dengan timbulnya 50 – 100 blog baru yang nggak pake fix-fix-an ngadutrafik 2007? Silakan sing jago-jago dho melek mripate. Dibukak uthege ben jembar pikire. Nggak usah sok wise nek jembar pikire we raiso. Gombal… (Nah, kalau Boso Jowo sudah keluar, ini berarti memang benar-benar Kang Kombor).

    blogging is not about SEO contest bla-bla-bla… Tai kucing kae kapan ditulis karo Matt? Apa sebelum ada kontes ngadutrafik 2007? Nggak usah deh dijadikan pembenaran atau justifikasi untuk membela pendapat Sampeyan-sampeyan yang nyalahin ngadutrafik 2007. Silit pitik plendak-plenduk, mata sipit merga ngantuk!

    Kang Kombor nggak menerima kata “kalau”. Harus tegas pernyataannya. “Saya salah telah melapor.” Perkara ada yang melihat itu tidak salah, saat ini Kang Kombor melihat itu salah. Tak jelasno sisan posisiku saiki. Mbelgedhes mainstream. Mbelgedhes kedewasaan. Mbelgedhes semua. Kang Kombor memang nggak dewasa karena orang dewasa selalu penuh tipu daya. Lihat anak-anak kecil, mereka bisa BICARA APA ADANYA.

    Begitu dulu ya. Kalau masih belum pada puas. Kang Kombor akan kembali lagi. Kang Kombor siap beronani lagi di tempat calupict. Kan sudah jelas, silakan laporkan ke Matt supaya WP id Kang Kombor = honestthought di hapus untuk selamanya termasuk semua blog yang ada kalau Sampeyan-sampeyan tidak terima. Tinggal onani lagi kan?

  5. kang kombor

    uhmm… piye yo ? aq ora iso naggepi sing dewasa iki.. tapi nek miturut pendapatku seh yo pancen silit pitik iku ga onok sing gak mambu.. cuman anget.. :p

    ya wajar kalau ada perasaan ga terima dengan pernyataan calupict, dan juga wajar kalo ada pernyataan innocent dengan “tuntutan” kang kombor, saya pribadi juga “mungkin” berlaku sama kalau mengalami hal yang dialami kang kombor.. malah bisa-bisa kirim santet dahsyat ke komputer yang pernah di sentuh sang pelakunya.. :p

    sing sabar ae kang.. minim sampeyan wis koment nang blog-ku dadi sesuk2 mesti iso mlebu suwargo.. :p

  6. Pingback: Perang Bad'r, Kemenangan HATI (HATI, bagian yang terlupakan …3) « hamba
  7. blogging is not about SEO contest bla-bla-bla… Tai kucing kae kapan ditulis karo Matt? Apa sebelum ada kontes ngadutrafik 2007? Nggak usah deh dijadikan pembenaran atau justifikasi untuk membela pendapat Sampeyan-sampeyan yang nyalahin ngadutrafik 2007. Silit pitik plendak-plenduk, mata sipit merga ngantuk!

    Kalau SEO dibolehkan, nanti WordPress bisa downtime dan maintance tiap minggu gara – gara terlalu berat.

  8. Emang bandwith transfer-nya blogger ini berat banget ya sampe bisa down ? dan maintenance bolak-balik ?

    tapi.. sebenernya iya juga sih kalo dipikir-pikir.. kalo melanggar TOS sih dilaporkan.. sayangnya si ma-matt ga ngerti bahasa indonesia.. :p cuman baiknya ditegur dulu sama calon pelapor.. tapi itu iya juga kalo si korban menerima dengan baik.. kalo engga ? hmm.. bingung.. mending..

    makan lagi.. 😀

  9. Euh, kalau cuma 1 atau 2 blog yang melakukan tindakan SEO, mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Namun kalau sampai ribuan atau bahkan ratusan ribu blog yang melakukan tindakan tersebut, bisa dibayangkan berapa banyak sumber daya yang habis sia-sia untuk hal yang tidak akan dipergunakan di masa depan.

    Ini seperti anda berfikir bahwa anda seorang membuang sampah di sungai tidak akan mengakibatkan banjir bisa dibayangkan apabila banyak warga Jakarta yang berfikir seperti itu. Banjir bisa disimpulkan akan terjadi.

  10. lalu… dimana letak kebebasan ber-ekspresi ?

    memang pelanggaran TOS itu dah parah.. namun ga memungkiri kalo ada beberapa yang daftar ke WordPress hanya dengan masukkan data, lupakan TOS dan mulai nge-blog.. seperti saya ini.. :p

    Nah dari sini mungkin saling tegur-menegur itu perlu.. cuuuma.. kalo yang ditegur malah jawab “sapa sih loe..” nah… cape deeeh..

    masih belum ada titik temu dan pemecahan, yang ada mungkin rasa jengkel yang terpendam lama dan seterusnya ada kalo tidak ada satupun pihak yang memulai.. sayang banget.

    -makan malam dengan sate ayam- 😀

  11. Sing waras ngalah… Kang Kombor nggak kehilangan bahan nulis kok, walopun yang di wp itu nggak bisa dilihat lagi. Kang Kombor juga nggak ngejat hits atau trafik. Lalu kenapa ikut ngadutrafik? Karena mau belajar SEO.

    Untuk membuktikan nggak ngejar hits dan trafik, Kang Kombor buka kapling baru saja di kampung sebelah. Kalau ada yang mau mampir silakan.

    Kalau Sampeyan pada bingung kok Kang Kombor dari halus lalu mencak-mencak lalu jadi ayem lagi… Yah, karena Sampeyan nggak ngerti sama sekali Kang Kombor itu kayak apa. Kadang-kadang dunia ini kan perlu kita buat bingung untuk menilai bagaimana sebenarnya jati diri kita. Ya nggak? Kalau jadi orang mudah ditebak, ya … Ya silakan.

  12. lalu… dimana letak kebebasan ber-ekspresi ?

    saya jadi ingat ketika baru pulang dari bandara cengkareng dan naik taksi untuk pulang ke rumah. waktu itu sudah malam hari jam 7, dan sewaktu melewati daerah senayan… ternyata pendukung persija baru saja “mengekspresikan” kekesalan mereka dengan menguasai jalan dan memecahkan pot-pot bunga di sepanjang jalan.

    ada kebebasan ekspresi, dan ada kebebasan ekspresi.

  13. @ kang kombor
    kang.., kalo saya bisa ngerti sampeyan.. mungkin dulu kita tak perlu berpisah.. hiks..hiks..

    @ fsckedt
    mbah.. itu yang ngomong Tuhan lho..

    @ argosiloku
    *toast* sama ga ngertinya.. :))

    @ ryosaeba
    *sambil minum expreso hangat* hm.. manggut..manggut..
    jadi batas norma mana yang harus diikuti pak? batas normatif kan selama ini ga jelas, yang ada juga general truth aja.. :p sedangkan general truth juga bisa ga truth

  14. *mmmmnnyaa*

    *nnmmyaomn nnmyaum* – kalo mau –
    *mnyinyahnyann mnyoh..* – silahkan loh..-

    diterjemahkan oleh saya.. sambil mengunyah roti.. (asli lho..)

  15. @bank al

    ada dua jawaban nih dan pertanyaan balik…

    [satu]
    heh ? maksudnyaaaaaaaa !?
    weleh.. bukan secara fisik dan pribadi kamu berdua bener2 terpisah.. asli.. kok bisa berpendapat ada asumsi seperti itu ?

    [dua]
    mantan maksudnya mantan pacar? waks.. bukan………

  16. Maksudnya yg nomer [dua], mantan pacar… 🙂
    Lah nebak gitu khan dari comment di atas tuh…”kang.., kalo saya bisa ngerti sampeyan.. mungkin dulu kita tak perlu berpisah.. hiks..hiks..”

  17. Gue pengen nantangin yang pake ID Kang Kombor yang nulis-nulis kasar. Kagak tau malu.. Beraninya ama cewek.

    Gue semi-anonim. Tapi kalo lo serius, teman gue yang gue pake namanya ini pasti bisa nebak siapa gue.

    ada yang tau ga? biasanya penantang yang bener tuh kan menunjukkan identitas diri dengan jelas, kalo ga jelas, akan menyebabkan isu-isu ga bener 😉 ya ga ?

    koment menggunakan
    nama: Anjar Priandoyo
    email : priandoyo@gmail.com
    site: http://priandoyo.wordpress.com

    gimana yah? *mengamati*

    mengatai seseorang lain yang berkata kasar dan beraninya sama cewe , ID yang mengatai ga jelas, bisa dibilang semi-anonim. ah entah..

  18. heh ?

    komentar diatas saya edit yah.. 😛 :p

    jangan berkata seperti itu dong di blog saya.. 😀

    ga baik, pamali, masuk neraka ntar.. :p

    sambil makan nih :p

  19. weleh.. ada satu koment yang masih menunggu moderasi nih.. mohon maaf pada yang memberikan koment.. bukan bermaksud ga mengijinkan tapi ada baiknya ga saya reveal disini komentnya.. masi ditahahanan 🙂

    *maaf..maaf.. -mau mie ayam solo?-*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s