Tuhan juga bersama orang-orang yang memasak mie..

Aq barusan bikin mie… abis laper sih setelah baca-baca link Trim’snya siwi (meski ga ada hubungannya)… meski sudah aq coba untuk mengurangi rasa laper dengan makan coklat, ternyata.. coklat durian ga mampu menahan rasa laparku.. kepaksa jadi setelah merenungkannya dalam-dalam aq memutuskan untuk bikin mie..

dan karena aq lagi baik… aq bagi resepnya 😀

resepnya gini.. kebetulan aq pake mie “kare”

Pertama-tama Siapin sebungkus mie kare.. soalnya kita mo bikin mie kare.. tapi pake mie lain juga bole.. hmm.. pake mie lain aja deh kalo males keluar cari mie kare.. tapi aq suka mie kare.. jadi aq pake mie kare.. kalo pake mie lain.. aq ga nanggung rasanya lho…

jadi gini cara dan langkah-langkahnya..

*ulang dari awal*

pertama siapin sebungkus mie kare, sebutir telur ayam (aq belum coba pake telur buaya.. soalnya aq liat masih belum musim kawin mereka), sebuah gelas ukurannya pokoknya bisa diisi kira2 200ml air, ato pake gelas air mineral juga bisa.. netto 220ml :p dan sebuah mangkuk.

lalu buka bungkusnya.. maksudnya bungkus mie kare-nya bukan bungkus air-mineralnya dan jelas-jelas bukan bungkus buaya-nya.. kemudian segera didihkan 2 1/2 gelas air (gelas yang tadi), keluarkan dan pisahkan bumbu2 yang ada di dalem bungkus mie-nya, biasanya bumbu2 ini ditaruh dalam bungkus mie dan disebelah mie-nya.. kalo ga ada segera hubungi suara konsumen dan minta ganti rugi penjelasan.. karena hal itu merupakan pelangaran terhadap hak-hak kepuasan anda sebagai konsumen..

balik ke bumbu…

keluarkan dan campurkan semua bumbu2nya (sachet) ke sebuah mangkuk.. mangkuknya ukuran kecil aja.. diameter sekitar 20cm-an lah.. ga perlu besar-besar, selain daripada agar cucinya mudah nantinya, ukuran yang mungil akan mempercantik tampilannya.

kalo udah.. periksa airnya.. dah mendidih belum ??

ooh belum yah.. kita tungguin kalo gitu… sambil nyampurin bumbu2nya.. biasanya ada 4 bumbu yang dicampur, yaitu :

  1.  cabe tumbuk halus (sesuaikan dengan kebutuhan anda.. bagi yang berkebutuhan khusus bisa ditambah dengan cabe cincang)
  2. Bumbu halus dengan rasa khusus (aq slalu tergoda untuk menjilatnya..)
  3. Minyak sayur
  4. K-e-c-a-p nomor satu..

Nah campur jadi satu dan dengan menggunakan sendok, tuh bumbu diulet-ulet  (dicampur) jadi satu..

nah.. karena airnya dah mendidih.. kita masukkan mie-nya kedalam air mendidih itu.. (bagi yang belum berpengalaman, bisa minta bantuan pada orang lain yang lebih berpengalaman, untuk anak2 minta bantuan pada orang dewasa untuk melakukan hal ini..), yang jelas lakukan dengan hati-hati namun tanpa keraguan sama sekali dalam diri, yakinlah.. bahwa Tuhan juga selalu bersama orang-orang yang memasak mie..

kemudian tunggu sekitar 34,67445 detik ini untuk memberikan waktu agar mie-nya mulai melunak dan air dah meresap kedalam mie itu sendiri, masukkan telurnya… tapi setelah dipecahkan dan ingat..!! hanya isinya aja (putih dan kuning telurnya) dan cangkangnya dibuang.. lalu segera aduk dengan brutal seksama.. sampe telurnya tercampur dan bisa bekerja sama dengan mie-nya..

setelah sekitar 1 3/4 menit mengaduk.. oh ya.. jangan lupa, apinya sedang2 saja.. kalo terlalu besar, dijamin akan membuncah membusa dan tumpah ruah.. :p

*ulang*

setelah sekitar 1 3/4 menit mengaduk.. angkat panci-nya, sambil tetep mengaduk.. lalu tuangkan sedikit kuah ke mangkuknya untuk mencampurkan bumbunya dengan kuah.. tujuannya agar saat mie-nya nanti dituangkan.. substansi cair (pekat) bumbu akan lebih mudah bercampur dengan substansi (ga seberapa pekat) kuah dan mie-nya… halah substansi..

lalu campurkan mie-nya.. aduk-aduk.. bolak-balik mienya dengan sendok dan garpu.. mangkuknya ga perlu di bolak-balik karena ga akan berhasil, aq dah mencobanya sendiri.. percayalah..

setelah tercampur, anda bisa segera menikmatinya.. atau untuk mempercantik, anda bisa memberikan hiasan tambahan.. (seperti yang saya lakukan) berikan irisan buah tomat, sedikit daun seledri dan kalo ga ribet.. kasi telor ceplok (mata kuda / sapi / kebo ). Sajikan hangat-hangat sambil baca-baca blog… atau liat TV, bisa juga sambil santai bersama keluarga, atau malah sambil tidur jika anda mengantuk.. sebaiknya anda ga melakukan-nya sambil pipis…. megang piringnya susah..maksudku megang mangkoknya, aq biasa kasi piring dibawah mangkok agar bisa leluasa megang dan menghabisi menikmati mie-nya..

untuk minumannya… aq sarankan… hindari minum-minuman dingin.. selain bisa merusak gigi setelah makan panas2… minum dingin setelah makan bisa bikin cepet gendut.. tanya kenapa ?

teori rada ngawur :

setelah makan, makanan akan masuk ke lambung, disana makanan akan dicerna, dimana proses pembakaran terjadi.. kalo disiram sama air dingin.. pembakaran jadi ga sempurna.. yang ada.. anda jadi gendut perutnya…

………… I can’t believe it either.. :p tapi demi alasan kesehatan gigi, saya milih minum air putih.

Demikian langkah-langkah singkat membuat mie.. untuk berikutnya.. aq mo bagi resep mie goreng… yang bener2 digoreng garing.. hwehehehe..

Tuhan.. berikanlah rahmat dan hidayahmu pada mereka-mereka yang membaca dan juga berikan tambahan rezeki-MU pada mereka-mereka yang mencoba resep ini, yang jelas.. masukkan mereka pada golongan orang-orang yang KAU berikan kemudahan masuk ke sorga-MU

Amin.. 😀

NB : juga saya post ke blog sementara cK waktu blog-nya disuspend sekarang dah balik

Advertisements

17 thoughts on “Tuhan juga bersama orang-orang yang memasak mie..

  1. Pingback: kOmEnTaR gAk JeLaS » Blog Archive » Hari2 aneh (lagi)
  2. *membaca sambil membayangkan*

    Tetap tak terbayangkan.

    Maksudnya si cantik irdi yang berwajah oriental itu lho, bukan masakannya.

    *kabuuuuuur… sambil ketawa ter-bahak2*

  3. enaknya dicampur cengek yang dipotong kecil-kecil…
    -sesungguhnya Tuhan bersama orang yang sabar-

    **makan cengek harus sabar..kalo ga keselek sambil cegukan sambil kepedesan…percayalah, rasanya ga enak… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s