Ijinkan aq berpuasa dengan sederhana..

selamat menunaikan ibadah puasa

silahkan berpuasa dengan cara-cara yang sudah ditetapkan.. sedangkan aq akan berpuasa dengan sederhana, dengan cara umat-umat sebelum aq berpuasa.. bukan dengan menahan atau mengendalikan nafsu, karena itu adalah suatu pemaksaan yang mungkin diperhalus, tapi lakukan hanya jika kamu merasa perlu untuk mengendalikan dan menahan nafsumu.

aq ingin berpuasa dengan sederhana, sesederhana seorang anak kecil jatuh terlelap dalam pelukan ibunya sambil menyusu ke susu ibunya yang penuh dengan curahan kasih sayang pada seorang anak. Hanya sesederhana itu aq berpuasa..

aq ingin berpuasa dengan sederhana, sesederhana seorang pemuda yang rindu pada perawan yang menunggu kekasihnya.

sesederhana itu..

tanpa ada istilah ‘mengendalikan’ atau ‘menahan’ karena itu adalah pemaksaan yang diperhalus, dan saat itu kamu lakukan, sesungguhnya kamu sudah menyiksa dirimu sendiri.. karena manusia tak lebih dari kesadaran akal dan nafsu bukan ?

okay.. silahkan merenung jika berkenan dan tinggalkan jejakmu, agar aq sadar kalo aq tak sedang bercinta sendirian

Advertisements

27 thoughts on “Ijinkan aq berpuasa dengan sederhana..

  1. karena manusia tak lebih dari kesadaran akal dan nafsu bukan ? jawabnya bukan πŸ˜€

    biarkan allah memiliki apa yg jadi miliknya: sy + kamu+ clein di pc 12-18-20 + temenku yg lagi minum soda dipojokan ngewarnet make password admin biar ngak kena charge + seisi dunia

    hoe! hoe! cuh! banget ya?

  2. @uwiuw
    yap..yap.. hehe.. aq agree ajah.

    @arya
    minum kolak? ato susu?

    @harriansyah
    ehhehe.. ga tau tuh arya.. :p maunya mbuka2 mlulu.. :p

  3. bukan dengan menahan atau mengendalikan nafsu, karena itu adalah suatu pemaksaan yang mungkin diperhalus, tapi lakukan hanya jika kamu merasa perlu untuk mengendalikan dan menahan nafsumu.

    Alah… ini alesan supaya masih bisa “cuci-mata” saat puasa toh? πŸ˜›

    Konsep dasar dari puasa adalah self-control. Dan bukan self-control kalo ada unsur pemaksaan secara eksternal. Kalo gak bisa terima itu, ya gak usah puasa. Gitu aja kok repot. πŸ˜›

  4. @edi lontong
    itu relatif seperti kata einsten bahwa smuanya relatif. Jadi relatifitas relatif itu relatif jg. simpel kan?

    @bee
    ehhehe.. bisa aja..
    self-control eh.. gmn seseorang bisa mengontrol diri jika ‘sang diri’ ini sanggup membentuk pemikiran bahwa ‘sang diri’ sudah under-control?

    lalu.. sederhana yg seperti apa? ya sederhana aja.. :p *lirik2 makhluk cakep*

    @ario
    trima kasih mas..

    @jnox
    engga lah, sama seperti umat terdahulu kok.

  5. Kata “sanggup” harus ada dasar dan bukti, bukan klaim kosong sehingga cuman jadi “omong-kosong” atau “omdo”. Betapa banyak org, terutama di Indonesia, lebih terutama lagi para politisinya, yg menyatakan dirinya sanggup tapi buktinya nol-besar. πŸ˜›

  6. ehhehe.. mgkin karena ideal seseorang terlalu sempurna pada realita jd ga bisa ‘sanggup’ :p kalo politik sih aq ga ngerti, menurutku politik itu seperti kompi P-I, dmn sang pemiliknya bilang kalo PC itu akan di install OS windowsXP, dan dia crita kalo dia ‘sanggup’ melakukannya.. sayang pemilik milih beli daripada jujur pake opensource OS.

    analogi yg aneh yg ditulis dlm posisi aneh dan gadget yg aneh..

    *sambil setengah merem*

  7. Irdix,

    Check my blog about Fasting. Or Saum. If you agree, tell your buddies about the blog. I bet there will be tons of people not agreeing with me.

    But hey, Abraham had the whole kampong throwing him things at him anyways….

    Selamat berpuasa…it’s good for detoxifying.

  8. Huffh! Berhasil jg membuka blog-nya.

    Sepakat, puasa itu salah satu bentuk latihan. Aku ngga tau, yg salah konsep, metodologi, atau aplikasinya, tp buat aku puasa sebagai bentuk latihan sudah gagal.
    Buktinya, empati tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan di kalangan umat Islam, padahal latihan ini sudah dipraktekkan seribuan tahun.
    Yg ada malah, puasa cenderung menjadi sebuah festival, fiesta, keramaian atau perayaan.
    TV berlomba buat program ramadhan, mall berhias ornamen dengan motif Timur Tengah, artis panas tiba-tiba pake selendang, rocker bertindik mendadak pake sorban, dst.
    Lha, esensi latihan jadi orang susah itu di mana?
    Maaf saja, tp nyaris tak ada gunanya memang.
    Just my opinion, milik seseorang yg pengen komen dengan sederhana.

  9. @parvita
    will do dear..

    @bang toga
    tragis dan ironis kan? tp sesuai ungkapan klise.. “lebih baik dari pada ga sama sekali” (..hiks..)

    @chiw
    huhu.. selesaikan tugasnya yak.. bikinin kapal anti ombak, anti tenggelam dan anti air….. :p

  10. aq ingin berpuasa dengan sederhana, sesederhana seorang pemuda yang rindu pada perawan yang menunggu kekasihnya.

    Uhhhh….. I love this one πŸ˜›
    Hhhhh…
    *melamun bentar* πŸ™„
    …..

    Aku jadi teringat sajak siapa….. yang gini juga…
    Eh, ndak nuduh plagiat, loh! Lha sajak yang pake “sederhana-sederhana” itu pure bicara tentang cinta-cintaan sahaja….

    Duhhh… lupa gw… πŸ˜•
    *ingat2 dulu ntar komen lagi* 😐

  11. walau aq setuju ma yang diomongin bang toga, tapi aq lebih suka memilih koinsidensikan teori dan praktek.
    Semuanya kembali lagi ke OS tiap individu
    Eh.. tadinya mo ngomong banyak, tapi inget aq masih dalam status bertapa, balik lagi ah
    πŸ™‚

  12. @cK
    met berpwasa juga..

    @Alex
    mgkn yang gini..

    “aq ingin mencintaimu dgn sederhana, seperti isyarat yg […..] “

    kalo dipikir sih mirip.. tp.. aq ga da mksud memirip-miripkan lho.. hehe..

    @may
    kayaknya semuanya memang perlu seperti itu may.. btw bertapa dimana neh? deket ama matahari ga? :p

    @arham
    ehhehe.. jangan anggep cewe mas.. krn ga available buat mas.. (..niru kata2 samwan..)

  13. @arham
    iya irdix tuh cewe wajahnya oriental sukanya pake kaos dan makan mie dan sering tidur ngiler sebetulnya dia suka sama mas arham tapi mao jujur malu
    PS: dia bilang gitu walaupun blom pernah ketemu mas arham
    *glodagz*

  14. @ alex: puisi Sapardi Djoko Damono. “aku ingin mencintaimu dengan sederhana, seperti ….mbuh, aku gak apal”

    puasa dengan sederhana? gak mudheng. seperti kata bang toga, puasa sekarang malah harus ada menu yg macem2, nek gak ngono bojoku takon, “endi takjile? endi es campure?”

    d’oh!!!!

  15. @ buat yang ingat

    Iyaaa… baru ingat itu sajaknya Sapardi Djoko Damono. Sederhana betul memang… πŸ˜›

    puasa sekarang malah harus ada menu yg macem2, nek gak ngono bojoku takon, β€œendi takjile? endi es campure?”

    Hoh… segitunya? 😯
    *nunggu undangan berbuka* :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s